LOKERINONE.COM - Informasi Lowongan Kerja Terupdate September 2024 di Medan dan Sumatera Utara.

Selamat berjumpa kembali dengan www.lokerinone.com sumber informasi lowongan kerja Terupdate, Terpopuler dan Terpercaya.

Berikut kami publikasikan sebuah artikel penting untuk mendapatkan pekerjaan yang sedang lowong di perusahaan.

Ketika melamar pekerjaan, surat lamaran merupakan salah satu dokumen penting yang harus disiapkan. Formatnya bisa berbeda, tergantung posisi dan bidang usaha yang dilamar.

Untuk itulah, sebaiknya kamu melihat dulu contoh surat lamaran kerja dalam artikel ini untuk menjadi panduanmu. 

Pasalnya, surat lamaran kerja (cover letter) menjadi hal pertama yang dilihat oleh perekrut. Bahkan tak jarang, surat lamaran kerja menjadi faktor yang menentukan apakah pelamar masuk atau tidak ke tahap rekrutmen selanjutnya. 

Lalu, seperti apa format surat lamaran kerja yang baik? Yuk, baca artikel ini sampai selesai karena ada berbagai contoh template surat lamaran kerja yang bisa kamu jadikan referensi. 

Mengutip dari Kemdikbud Bahasa dan Sastra Indonesia, pengertian surat lamaran pekerjaan adalah dokumen yang dikirimkan oleh calon karyawan kepada calon atasannya. 

Isi surat lamaran kerja berupa permintaan supaya individu diberikan pekerjaan oleh calon atasan. 

Sementara jika melansir dari Cambridge Dictionary, surat lamaran pekerjaan adalah surat yang ditulis seseorang untuk sebuah perusahaan dengan tujuan melamar pekerjaan. 

Jenis surat lamaran kerja ditujukan kepada divisi perusahaan yang tugasnya menyeleksi karyawan baru. Dalam hal ini, bagian personalia atau Human Research and Development (HRD). 

Dari dua pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa surat lamaran kerja adalah bentuk seleksi administratif yang bertujuan untuk membawa pelamar masuk ke tahap wawancara dalam proses rekrutmen pekerjaan. 

Untuk itulah, dokumen ini harus ditulis dengan baik dan menggunakan format yang sesuai agar dapat menarik minat pemberi kerja dan kandidat mendapatkan kesempatan wawancara. 

Pentingnya Membuat Surat Lamaran Kerja
Seorang HRD sedang membaca surat lamaran kerja dan CV pelamar di ruangan interview.
Setelah mempelajari pengertiannya, kamu harus memahami fungsi surat lamaran kerja. Berikut adalah alasan mengapa menulis surat lamaran kerja itu penting:

Sarana komunikasi antara pelamar dengan perusahaan 
Surat lamaran kerja merupakan sarana komunikasi formal dalam proses seleksi kerja. 

Dalam surat lamaran kerja, pelamar punya kesempatan menyampaikan minat, motivasi, dan kualifikasi kepada perusahaan yang dituju. 

Menunjukkan keterampilan dan pengalaman 
Melalui cover letter, pelamar bisa menonjolkan keterampilan, pengalaman, serta pencapaian yang relevan dengan posisi yang dilamar. 

Dari penjelasan itu, perusahaan akan mendapatkan gambaran awal mengenai potensi kandidat tersebut. Dengan demikian, tim HRD dapat memilah mana calon karyawan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. 

Meningkatkan peluang lolos seleksi 
Surat lamaran yang terstruktur dengan baik dapat meningkatkan peluang untuk lolos seleksi awal.

Struktur yang baik dan relevansi dengan posisi yang dilamar menunjukkan tingkat profesionalisme kandidat. 

Hal inilah yang kemudian dapat menciptakan kesan positif kepada tim HRD atau pihak yang memang bertanggung jawab dalam proses seleksi karyawan.⁠

Struktur Surat Lamaran Kerja 
Seorang HRD sedang membaca surat lamaran kerja dan resume pelamar.
Surat lamaran pekerjaan juga mempunyai struktur penulisan yang perlu diperhatikan. Berikut ini penjelasan lengkapnya: 


⁠Kepala surat 
Nama lengkap
⁠Pada bagian ini, pelamar perlu menuliskan namanya secara jelas dan lengkap.
Alamat lengkap
⁠Ketika menulis alamat lengkap, masukan informasi seperti nama jalan, nomor rumah, nama kompleks (jika ada), kota, kode pos, dan negara (jika diperlukan).
Nomor telepon
⁠Cantumkan nomor telepon yang masih aktif dan bisa dihubungi oleh pihak perusahaan.
Alamat email atau situs
⁠Sertakan alamat email yang aktif dan mudah diakses oleh pihak perusahaan. Jika kamu kebetulan memiliki situs web profesional yang relevan, jangan ragu untuk menyertakan informasi tersebut. 

⁠Bagian isi 
Lampiran
⁠Jika ada dokumen yang dilampirkan bersama surat lamaran kerja yang kamu buat, seperti CV, transkrip nilai, atau sertifikat pendukung lainnya, sebutkan berapa jumlahnya di bagian ini. Misal saja: Lampiran: 5 berkas
Perihal
⁠Tuliskan perihal surat secara jelas dan singkat. Contohnya, Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Marketing Executive
Tanggal surat
Jangan lupa cantumkan tanggal penulisan surat. Biasanya, tanggal surat diletakkan di bagian kanan atas. Contoh: Malang, 12 Januari 2022
Alamat
⁠Tuliskan alamat lengkap penerima surat, termasuk nama perusahaan, alamat kantor, kota, dan kode pos.
Salam pembuka
⁠Gunakan salam pembuka yang sopan, misalnya "Kepada Yth., (Nama Penerima Surat)".
Paragraf isi
⁠Ini adalah bagian utama dari surat lamaran kerja. Umumnya mencakup informasi tentang minatmu untuk melamar posisi tersebut, mengapa kamu cocok untuk posisi itu, serta keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki. Pastikan untuk menulis bagian ini secara jelas, ringkas, dan meyakinkan. 

⁠Bagian penutup 
Salam penutup
⁠Gunakan salam penutup yang sopan, seperti "Hormat saya," atau "Terima kasih atas perhatian yang diberikan."
Tanda tangan
⁠Setelah salam penutup, berikan tanda tangan secara manual. Namun, jika kamu akan mengirim surat lamaran kerja via email, lengkapi dengan tanda tangan elektronik atau cukup nama saja.
Nama terang
⁠Tepat di bawah tanda tangan, tuliskan nama lengkap kamu secara jelas. 

⁠Kumpulan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar 
Seorang HRD sedang membaca surat lamaran kerja dan CV pelamar di ruangan interview.
Untuk memudahkan kamu dalam membuat format surat lamaran kerja yang tepat, cek contohnya berikut ini:








Itulah 5 contoh surat lamaran pekerjaan untuk melamar berbagai posisi. Kamu bisa menggunakan contoh lamaran kerja di atas sebagai referensi untuk menulis surat lamaran kerja sendiri sesuai posisi yang diincar. 

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja 
Seorang HRD sedang memeriksa surat lamaran kerja dan CV dari pelamar wanita.
Untuk memperbesar peluangmu lolos ke tahap seleksi selanjutnya, ikuti tips menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini:

Ketertarikan pada Perusahaan 
Berikan penjelasan detail mengapa kamu tertarik untuk bergabung dengan perusahaan tersebut. Untuk mendapatkan alasan ketertarikan kamu, sebaiknya pahami dahulu apa visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. 

Dengan cara itu, kamu jadi lebih mudah untuk menyampaikan apa saja kontribusi yang bisa kamu berikan untuk mencapai tujuan. 

Keterkaitan dengan Posisi 
Selanjutnya, tunjukkan keterkaitan antara kualifikasi, pengalaman, dan keahlianmu dengan persyaratan posisi yang dilamar. 

Berikan juga contoh konkret bagaimana pengalaman dan keterampilanmu akan sangat relevan dengan tanggung jawab yang akan kamu emban nantinya. 

Keunggulan dan Prestasi 
Jangan lupa tulis juga keunggulan dan prestasimu yang relevan dengan posisi yang hendak dilamar. 

Ceritakan apa saja pencapaian-pencapaian yang telah kamu raih di tempat kerja sebelumnya atau dalam aktivitas lain yang bisa membuktikan kemampuanmu di bidang tersebut. 

⁠Kesimpulan
Itulah beberapa template surat lamaran kerja serta tips menulisnya. Kesimpulannya, setiap jenis pekerjaan memiliki isi atau format surat lamaran kerja yang berbeda. Secara umum, format penulisan surat lamaran kerja berkaitan dengan jenis pekerjaan yang dilamar. 

Selain itu, biasanya sejumlah perusahaan juga memiliki template cover letter tersendiri. Jadi, pastikan kamu mengikuti format yang sesuai, ya! 

Yuk, persiapkan diri kamu untuk menembus pekerjaan impian dengan membaca berbagai informasi dan Tips Karier di situs Jobstreet by SEEK. Setelah itu, jangan lupa perbarui profil Jobstreet kamu dan temukan lowongan kerja yang tepat. 

Download aplikasi Jobstreet by SEEK di Play Store atau App Store dan nikmati kemudahan untuk mengakses informasi terbaru seputar dunia kerja hanya dalam satu genggaman saja! Semoga berhasil!

⁠Pertanyaan Seputar Surat Lamaran Kerja 
Apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja?
⁠- Pertama, lakukan riset mendalam
⁠Lakukan riset terdahulu tentang perusahaan yang hendak kamu lamar. Pahami apa visi, misi, nilai-nilai, dan budaya yang dijunjung oleh perusahaan tersebut. Pengetahuan ini akan sangat membantu dalam menyesuaikan isi surat lamaran kerja yang akan kamu kirimkan kepada mereka.
⁠- Gunakan struktur yang jelas
⁠Pastikan bahwa surat lamaran yang kamu tulis memiliki struktur yang jelas, seperti adanya kepala surat, perihal, salam pembuka, paragraf isi, bagian penutup, dan salam penutup. Struktur surat yang baik tentunya akan memudahkan pihak perekrut untuk memahami pesan dalam surat yang kamu buat.
⁠- Sesuaikan konten dengan posisi yang dilamar
⁠Pastikan kamu menulis kualifikasi, pengalaman, dan pencapaian yang memang relevan dengan persyaratan posisi yang dilamar. Kamu juga bisa menyertakan contoh konkret yang dapat menunjukkan bahwa kemampuanmu benar-benar sesuai dengan tanggung jawab atau job desk dari posisi tersebut.
⁠- Pakailah bahasa yang sopan dan profesional
⁠Ketika menulis surat lamaran kerja, selalu gunakan bahasa yang sopan, profesional, dan sesuai dengan konteks. Hindari penggunaan bahasa yang tidak formal.
⁠- Hindari kesalahan tata bahasa dan ejaan
⁠Sebelum mengirim, periksa kembali surat lamaran kerjamu untuk memastikan tidak ada kesalahan tata bahasa dan ejaan. Pasalnya, kesalahan semacam ini dapat merusak kesan profesional pada dirimu.
⁠- Perhatikan panjang surat
⁠Buatlah surat lamaran kerja yang tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Usahakan agar isinya cukup informatif, tetapi tetap ringkas dan to-the-point. Disarankan untuk menulis surat lamaran kerja hanya satu halaman atau sekitar 250-500 kata saja.
Bagaimana cara menyesuaikan surat lamaran kerja dengan posisi yang dilamar?
⁠Coba lakukan riset terlebih dahulu tentang perusahaan dan posisi yang akan dilamar. Kemudian, soroti keterampilan, pengalaman, dan pencapaian yang relevan dengan persyaratan dan tanggung jawab posisi yang ditawarkan. Tidak ketinggalan, sampaikan juga secara detail mengapa kamu tertarik dan cocok untuk posisi tersebut.
Apakah surat lamaran kerja harus menggunakan bahasa formal?
⁠Ya, surat lamaran kerja sebaiknya menggunakan bahasa formal. Penggunaan bahasa formal mencerminkan sikap profesionalisme dan kesopanan dari si pelamar. Sebab itu, hindari penggunaan bahasa yang terlalu santai atau informal, dan pastikan untuk selalu menjaga kesopanan dalam setiap kalimat yang ditulis.
Apa saja hal-hal yang harus dihindari dalam menulis surat lamaran kerja?
⁠- Penulisan yang tidak terstruktur dengan baik
⁠Hindari menulis surat lamaran kerja yang alurnya tidak jelas. Itu bisa membuat pembaca jadi sulit memahami isi konten surat yang kamu buat. 
⁠- Penyampaian yang bertele-tele
⁠Sebisa mungkin, hindari penggunaan kalimat atau paragraf yang panjang dan bertele-tele. Usahakan untuk menyampaikan informasi secara langsung dan to the point. 
⁠- Penekanan yang terlalu berlebihan pada diri sendiri
⁠Meskipun penting untuk menyoroti kualifikasi dan pengalaman dirimu, hindari penekanan yang terlalu berlebihan pada diri sendiri. Sebaliknya, pelamar perlu lebih fokus pada bagaimana ia nantinya bisa memberikan manfaat bagi perusahaan.
⁠- Menyertakan Informasi yang tidak relevan
⁠Hindari menyertakan informasi yang tidak berhubungan dengan kualifikasi atau kebutuhan posisi yang sedang dibuka. Selain tidak akan memberimu nilai tambah di mata perekrut, hal itu bisa jadi malah akan membuat surat lamaran kerjamu jadi tidak menarik.
⁠- Kesalahan tata bahasa dan ejaan
⁠Sering dianggap sepele, padahal kesalahan ini dapat memberikan kesan bahwa pelamar kurang teliti dan tidak memperhatikan detail. Dalam kasus tertentu, aspek ini bahkan bisa menjadi pertimbangan penting bagi para perekrut, terutama untuk jenis pekerjaan yang membutuhkan tingkat ketelitian yang sangat tinggi.

ARTIKEL DIKUTIP DARI BERBAGAI SUMBER

PENERBIT: PT LJL
WHATSAPP DIGITAL MARKETING: +62 831-9840-7189
LINK OFFICIAL SOCIAL MEDIA & GROUP: https://linktr.ee/lokershareinone
DONASI: https://saweria.co/lokershareinone

SELALU BACA WARNING DARI LOKERINONE.COM.

Baca Berita Terupdate berikut ini:

Warning: Hati-hati terhadap segala bentuk jenis penipuan karena sejatinya pendaftaran lowongan pekerjaan itu gratis tidak ada biaya dalam bentuk apapun. Pastikan lowongan pekerjaan di situs resminya atau pun social medianya yang valid.



👇👇👇 Baca Juga 👇👇👇