Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia merupakan lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama-sama dengan Mahkamah Agung.

Lembaran awal sejarah praktik pengujian Undang-undang (judicial review) bermula di Mahkamah Agung (MA) (Supreme Court) Amerika Serikat saat dipimpin William Paterson dalam kasus Danil Lawrence Hylton lawan Pemerintah Amerika Serikat tahun 1796.

Dalam kasus ini, MA menolak permohonan pengujian UU Pajak atas Gerbong Kertera Api 1794 yang diajukan oleh Hylton dan menyatakan bahwa UU a quo tidak bertentangan dengan konstitusi atau tindakan kongres dipandang konstitusional.

Dalam kasus ini, MA menguji UU a quo, namun tidak membatalkan UU tersebut. Selanjutnya pada saat MA di pimpin John Marshall dalam kasus Marbury lawan Madison tahun 1803.

Kendati saat itu Konstitusi Amerika Serikat tidak mengatur pemberian kewenangan untuk melakukan judicial review kepada MA, tetapi dengan menafsirkan sumpah jabatan yang mengharuskan untuk senantiasa menegakkan konstitusi, John Marshall menganggap MA berwenang untuk menyatakan suatu Undang-undang bertentangan dengan konstitusi.

Berdasarkan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 293 Tahun 2024 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah, Mahkamah Agung RI memberikan kesempatan kepada Warga Negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Mahkamah Agung RI.

Penetapan Kebutuhan PNS di Lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia sejumlah 4940 (empat ribu sembilan ratus empat puluh) dengan rincian sebagai berikut:

A. Tenaga Kesehatan

JabatanJumlah Formasi
DOKTER GIGI AHLI PERTAMA – DOKTER GIGI (UMUM)3
PERAWAT TERAMPIL6
TERAPIS GIGI DAN MULUT TERAMPIL6

B. Tenaga Teknis

JabatanJumlah Formasi
ANALIS PENGELOLAAN KEUANGAN APBN AHLI PERTAMA27
ANALIS PERKARA PERADILAN827
ARSIPARIS AHLI PERTAMA21
AUDITOR AHLI PERTAMA40
AUDITOR TERAMPIL20
DOKUMENTALIS HUKUM3053
DOKUMENTALIS HUKUM (MAHKAMAH AGUNG RI – DH 4 KEBUTUHAN FORMASI)4
DOKUMENTALIS HUKUM (MAHKAMAH AGUNG RI – DH 1 KEBUTUHAN FORMASI)1
DOKUMENTALIS HUKUM (MAHKAMAH AGUNG RI – DH 1 KEBUTUHAN FORMASI)1
DOKUMENTALIS HUKUM (MAHKAMAH AGUNG RI – DH 1 KEBUTUHAN FORMASI)1
PENATA KELOLA SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI83
PENATA KELOLA SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (MAHKAMAH AGUNG RI – PKSDTI 1 KEBUTUHAN FORMASI)1
PENATA KELOLA SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI (MAHKAMAH AGUNG RI – PKSDTI 1 KEBUTUHAN FORMASI)1
PENATA KEPROTOKOLAN52
PENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARAN AHLI PERTAMA6
TEKNISI SARANA DAN PRASARANA782
WIDYAISWARA AHLI PERTAMA5
JUMLAH TOTAL4940


Lampiran dan Dokumen:
 Pengumuman Seleksi Pengadaan CPNS MA TA 2024_sign.pdf
 Lampiran I_Penetapan Kebutuhan Seleksi Pengadaan PNS TA 2024.pdf
 Lampiran II_Surat Lamaran CPNS MA 2024.docx
 Lampiran III_Surat Pernyataan CPNS 2024.docx

Tata Cara Pendaftaran :

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman https://sscasn.bkn.go.id mulai tanggal 20 Agustus 2024 dan ditutup pada tanggal 6 September 2024 dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) peserta dan Nomor Kartu Keluarga (KK) atau NIK Kepala Keluarga yang tercantum di Kartu Keluarga pelamar
Setelah melakukan pendaftaran, pelamar masuk ke laman https://sscasn.bkn.go.id menggunakan akun yang telah didaftarkan dan memilih instansi Mahkamah Agung, jenis penetapan kebutuhan dan jabatan sesuai pendidikan serta melengkapi data dan daftar isian
Dokumen Surat Lamaran dan Surat Pernyataan wajib dibubuhkan e-meterai yang telah terintegrasi dengan laman https://sscasn.bkn.go.id
Pelamar dapat mencetak Kartu Pendaftaran setelah menyelesaikan seluruh tahapan pendaftaran.

PENERBIT: PT LJL
WHATSAPP DIGITAL MARKETING: +62 831-9840-7189
LINK OFFICIAL SOCIAL MEDIA & GROUP: https://linktr.ee/lokershareinone
DONASI: https://saweria.co/lokershareinone

SELALU BACA WARNING DARI LOKERINONE.COM.

Baca Berita Terupdate berikut ini:

Warning: Hati-hati terhadap segala bentuk jenis penipuan karena sejatinya pendaftaran lowongan pekerjaan itu gratis tidak ada biaya dalam bentuk apapun. Pastikan lowongan pekerjaan di situs resminya atau pun social medianya yang valid.



👇👇👇 Baca Juga 👇👇👇